Cara Mendapatkan Penghasilan Passive Income dari Menulis


Menulis, Pena, Tinta, Penulis

Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan passive invome dengan beberapa cara bisa kamu tempuh. Bagi yang menyukai menulis bisa dengan menjadi blogger, penulis novel, penulis skenario dan penulis puisi dan jurnalis. Diantara kelima bidang dalam kepenulisan. manakah yang membuat kamu tertarik? 

Semua bidang kepenulisan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, resiko yang dihadapi juga berbeda-beda. Cara mendapatkan penghasilan passive income dari menulis bisa kamu lakukan dengan menjadi seperti berikut ini: 

1. Seorang Blogger 
Bagi yang menyukai menulis di blog sudah pasti tahu dengan Blogspot dan Wordpress. Namun, kedua blog tersebut memiliki keunggulannya masing-masing karena bagi yang menyukai memakai blogspot sudah pasti akan lebih sering memakai ini. karena Blogspot memiliki kemudahan dalam penggunaannya dibandingkan dengan Wordpress.

Selain, harus gemar membaca, seorang penulis pun harus dapat menentukan fokus tulisannya ke suatu subjek tertentu misalnya, tentang wisata atau puisi. Jadi, seorang penulis harus menuliskan sesuai dengan subjek yang telah dipilihnya. Jika memang menulis puisi berarti dalam blog tersebut, berisi tentang puisi saja. 

Jadi kamu bisa fokus terhadap tulisan yang ingin kamu buat sehingga menarik perhatian pembaca. Melalui blogger sebenarnya seorang itu bisa menghasilkan uang dengan konsisten menulis serta mempunyai topik tulisan yang menarik dibaca oleh orang-orang yang minat pada sastra atau orang yang ingin mengenal sastra. 

Dari blogger inilah, seorang bisa dapat penghasilan pasive income melalui google adsense. Jika artikel kamu dengan panjang 300 kata atau lebih dan sudah kamu miliki selama 1 minggu atau lebih dengan artikel karya kamu sendiri. Sudah pasti bisa diterima. Inilah, yang menjadikan seorang blogger memiliki penghasilan sendiri.

2. Penulis Novel
Bagi yang mencintai novel pasti kamu dapat membuat sebuah cerita yang panjang dan menarik, sehingga banyak yang menyukai novel kamu. Apabila, novel kamu diterbitkan oleh penerbit besar seperi Bentang Pustaka, Mizan atau Gramedia Pustaka Utama, kemudian novel-novel kamu menjadi bestseller di toko  buku yang tersedia di kota tersebut.

Sudah pasti kamu akan mendapatkan royalti. Akan lebih menguntungkan lagi, ketika novel kamu cetak ulang dan dibuatkan filmnya. Sudah pasti keuntungan buat kamu akan berlipat ganda.

Namun, menjadi seorang novelis pun harus memiliki perbedaan dari sebuah tulisan yang kamu buat, sehingga para pembaca tertarik dengan karya kamu. Hal itu berlaku bagi semua bidang kepenulisan. Karena sebuah tulisan harus memiliki karakter tersendiri.

3. Penulis Skenario
Seorang penulis skenario justru dituntut untuk bisa bekerja sama dengan sutradara maupun producer film serta semua orang yang terlibat dalam pembuatan film. Bekerja sebagai penulis skenario pastinya dituntut untuk siap dihubungi sewaktu-waktu dalam penggarapan film. Tantangan terbesar seorang penulis skenario berbeda-beda.

Bagi penulis skenario film pasti sudah terjadwal untuk tayang filmnya di bioskop. Berbeda dengan penulis skenario sinetron yang membutuhkan waktu kejar tayang. Sehingga penulis skenario sudah pasti dituntut untuk tetap siap 24 jam.

Namun, menjadi penulis skenario pastinya sangat menyenangkan dan memiliki tantangan untuk bisa mendapatkan ide dalam penggarapan skenario baik untuk film, sinetron dan FTV. Penghasilan yang mereka perileh pun cukup besar.

Apabila, seorang penulis menggarap skenario sinetron yang tayang setiap hari, pastinya membutuhkan kerja ekstra unuk bisa membuat sebuah cerita yang menarik dan pastinya disukai oleh penonton. Setelah selesai penggarapan skenario pun, penulis pasti mendapatkan bayarannya.

4. Penulis Puisi
Untuk seorang penyair yang bisa menghasilkan sebuah karya puisi, kemudian dibukukan sudah pasti akan mndapatkan penghasilan yang cukup besar. Apalagi seorang penyair itu sudah dikenal oleh penyair-penyair besar dan puisi-puisinya ini sudah dalam bentuk buku maupun terkirim di koran-koran serta media sosial lainnya.

Dari hasil penjualan buku - buku puisi ini seorang penyair bisa memperoleh penghasilannya. Walaupun peminat puisi tidak sebesar peminat novel dan cerpen. Tapi seorang penyair pastinya memiliki tulisan puisi yang menarik dan selalu ada di hati yang menjadi penggemarnya. Penghasilan yang diperoleh dari para penyair bisa melalui tulisan yang lolos di koran atau buku puisinya dicetak ulang.

5. Jurnalis
Seorang jurnalis pun juga harus siap untuk sewaktu-waktu dipanggil kembali bekerja. Karena seorang jurnalis merupakan orang yang memberikan kabar dan mengetahui situasi terkini dari sebuah kejadian atau peristiwa yang sedang berlangsung. Maka mereka pun dituntut untuk bisa bekerja sama dan menulis berita sesuai dengan penglihatan mereka terhadap sebuah peristiwa. 

Selain, jurnalis harus sigap dengan keadaan apapun itu. Penghasilan seorang jurnalis itu tergantung dari media dimana seorang jurnalis itu bekerja. Karena bekerja sebagai jurnalis itu memiliki resiko tertinggi diantara pekerjaan menulis lainnya. 

Jurnalis yang bekerja di lapangan, dituntut harus siap mati dalam tugas maupun karyanya untuk menyampaikan sebuah informasi. Namun, bekerja sebagai jurnalis sangatlah menarik dan menyengkan. Menjadi jurnalis pariwisata merupakan pekerjaan yang menyenagkan, kemudian seorang jurnalis itu memiliki hobi jalan-jalan.

Maka, pekerjaan ini akan membawa kebahagiaaan. Denan jalan-jalan gratis sekaligus liputan. Sedangkan para jurnalis mendapatkan penghasilan dari berita yang tayang di media, karena sekarang ini banyak media online maupun televisi. 

Menulis merupakan pekerjaan yang menyenangkan karena seorang yang sedang galau atau merasakan sesuatu dapat mengungkapkan melalui tulisan. Dari tulisan itulah, setiap orang memiliki cerita unik. Tulisan juga yang bisa memberikan kelegaan ketika ada masalah dan tidak bisa mengungkapkannya. 

"Kejar mimpi-mimpimu selagi mimpi itu gratis. Jangan menyerah, teruslah berjuang. Gapai semua impianmu. Semangat berkarya!

Salah satu kunci kebahagiaan adalah menggunakan uangmu untuk pengalaman, bukan untuk keinginan. -BJ. Habibie-

Keberhasilan bukanlah milik orang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha. -BJ. Habibie-

Comments

Popular posts from this blog

Rindu Di Perbatasan

Persekusi

Film Zodiak: Apa Bintangmu? Terinspirasi dari Novel Karya Silvaran